Blogroll

Sabtu, 04 Juni 2011

Keterangan untuk mengontrol Peralatan Listrik Melalui Komputer

Atas permintaan penjelasan tentang artikel  Mengontrol Peralantan Listrik dengan Komputer disini akan diberikan sedikit penjelasan cara kerja system tersebut
Latar Belakang
Paralel port adalah alat yang sederhana dan murah untuk membangun perangkat komputer untuk  mengontrol. Kesederhanaan dan kemudahan pemrograman membuat port paralel populer di dunia elektronik. Port paralel sering digunakan dalam komputer yang dikendalikan robot, Atmel / PIC programmer, otomatisasi rumah, … dll .. Berikut adalah tutorial sederhana pada port paralel antarmuka dan pemrograman, dengan beberapa contoh.
Semua orang tahu apa yang dimaksud dengan port paralel, di mana dapat ditemukan, dan untuk apa itu digunakan. Kegunaan utama dari paralel port adalah untuk menghubungkan printer ke komputer dan secara khusus dirancang untuk tujuan ini. Oleh karena itu sering disebut sebagai printer Port atau Central Centronics (nama ini berasal dari sebuah perusahaan manufaktur printer populer ‘Centronics’ yang diciptakan beberapa standar untuk port paralel). Anda dapat melihat konektor port paralel pada panel belakang PC Anda. Ini adalah Female 25 pin (DB25) konektor (printer yang terhubung). Pada hampir semua PC hanya ada satu port paralel, tetapi Anda dapat menambahkan lebih dengan membeli dan memasangnya pada slot ISA / PCI card port paralel.
Paralel port mode
IEEE 1284 Standar yang telah diterbitkan pada tahun 1994 mendefinisikan lima mode transfer data untuk port paralel. Mereka adalah:
1. Compatibility Mode
2. Nibble Mode
3. Byte Mode
4. EPP
5. ECP
Program, sirkuit, dan informasi lain yang ditemukan dalam tutorial ini kompatibel untuk hampir semua jenis port paralel dan dapat digunakan tanpa masalah (Tidak diuji, hanya karena keyakinan!).
Perangkat keras
Pin konektor DB25 ditampilkan pada gambar di bawah

Garis-garis di konektor DB25 dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
1. Data lines (data bus)
2. Control lines
3. Status lines
Seperti namanya mengacu, data yang ditransfer melalui jalur data. Saluran kontrol digunakan untuk mengontrol perangkat, dan tentu saja, kembali perifer status sinyal kembali ke komputer melalui jalur Status. Baris tersebut terhubung ke Data, Kontrol Dan Status register internal.
Rincian garis sinyal port paralel yang diberikan di bawah ini:

Parallel port registers
Seperti yang Anda ketahui, Data, Pengendalian dan garis Status terhubung ke register ada yang sesuai di dalam komputer. Jadi, dengan memanipulasi register dalam program ini, orang dapat dengan mudah membaca atau menulis ke port paralel dengan bahasa pemrograman seperti ‘C’ dan BASIC.

Yang ditemukan di port paralel standar adalah:
1. Data register
2. Status register
3. Control register
Data register terhubung ke jalur data, Control register terhubung ke baris Kontrol dan Status register terhubung ke garis Status. (Di sini koneksi data tidak berarti bahwa ada koneksi fisik antara data / control / baris status. Mencatat yang hampir terhubung ke saluran yang sesuai)
Jadi., Apa pun yang Anda menulis ke register akan muncul pada baris yang sesuai dengan tegangan. Tentu saja, Anda bisa mengukurnya dengan sebuah multimeter. Dan apa pun yang Anda berikan untuk port paralel sebagai tegangan dapat dibaca dari register ini (dengan beberapa pembatasan). Sebagai contoh, jika kita menulis ’1 ‘untuk mendaftar Data, yang Data0 baris akan didorong ke +5 v. Sama seperti ini, kita melalui program dapat menghidupkan dan mematikan salah satu jalur Data dan baris Control.
Dalam PC IBM, register ini adalah IO dipetakan dan akan memiliki alamat unik. Kita harus menemukan alamat ini untuk bekerja dengan port paralel. Untuk PC yang khas, alamat dasar LPT1 adalah 0×378 dan LPT2 adalah 0×278. Data register tinggal di alamat dasar, Status mendaftar di alamat dasar + 1 dan daftar kontrol pada basis alamat +2. Jadi, sekali kita memiliki alamat dasar, kita dapat menghitung alamat setiap mendaftar dengan cara ini. Tabel di bawah menunjukkan alamat dari LPT1 mendaftar dan LPT2.

Menggunakan kode
Dengan menggunakan Inpout32.dll (atau hwinterface.ocx) untuk Win 98/NT/2000/XP. DLL ini memiliki beberapa fitur berikut:
  1. Pekerjaan harus dengan semua versi Windows (Win 98, NT, 2000 dan XP)
  2. Menggunakan driver mode kernel tertanam di DLL
  3. Tidak ada software khusus atau instalasi driver yang dibutuhkan
  4. Driver akan otomatis terinstal dan dikonfigurasi secara otomatis bila DLL di-load
  5. Tidak ada API khusus yang dibutuhkan, hanya dua fungsi Inp32 dan Out32.
  6. Dapat dengan mudah digunakan dengan VC + + dan VB atau C #.
Lihat kode ini
val=axHwinterface1.InPort(888);
axHwinterface1.OutPort(888,(short)(val|2));

Kode di atas membaca nilai dari port 0×378 (888 desimal) dan kemudian OR dengan nilai 2. Kode ini akan mengirimkan nilai 1 untuk D1.
Petunjuk
Untuk nilai a = 0, semua output (D0-D7) tidak aktif. Untuk nilai = 1, D0 ON, nilai = 2 D1 ON, nilai = 4 D2 ON, dan seterusnya. Misalnya, jika nilai = 29 (desimal) = 00011101 (biner) -> D0, D2, D3, D4 ON dan sisanya adalah OFF.
Lihat gambar klik link rangkaian Lengkapnya
Gambar rangkaian yang sudah jadi






0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

My Blog List

Term of Use