Blogroll

Jumat, 10 Juni 2011

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya, lebih tepat dikatakan komunikasi antara komputer dengan komputer lainnya. Dimana komputer dengan komputer lainnya dapat saling mengambil dan mengirim data, dapat menggunakan sebuah printer secara bersamaan.
Jaringan komputer ada berapa jenis sesuai dengan kebutuhan, antara lain adalah sebagai berikut :
I. LAN (Local Area Network)
Lan adalah jaringan lokal biasanya dipakai oleh perusahaan atau perkantoran agar setiap komputer dapat saling berkomunikasi untuk mengirim dan mengambil data serta memakai beberapa komponen secara bersama-sama. Di dalam jaringan LAN diperlukan dua jenis komputer
Lan
1. Server
Server adalah pusat kontrol komputer dan pusat data. Dimana Server yang mengendalikan komunikasi ke komputer lainnya serta berfungsi sebagai tempat data dokumen ataupun software, dimana setiap data dan dokumen yang ada harus sesuai dengan ijin yang di setting pada server untuk masing2 komputer yang terhubung dengan server.
2. Client Server
Client server adalah komputer yang terhubung dengan server dan sudah menjadi bagian atau anggota dari system network, sehingga komputer tersebut dapat mengambil atau mengirim data dari server atau dari client komputer lainnya melalui Server. Bila ada komputer baru yang dihubungkan dengan server tapi belum di setting sebagai client server tersebut maka komputer tersebut tidak dapat berkomunikasi pada jaringan tersebut.
Untuk membuat jaringan LAN harus terlebih dahulu di siapkan kelengkapannya antara lain :
1. Untuk Server
a. Harus disiapkan sebuah PC yang khusus untuk Server
b. Software Server seperti Os, Windows NT, Windows 2000, Windows 2003, Linux Server dll
c. Memiliki Lan Card.
d. Mempunyai Hub Switch untuk mendistribusikan jaringan ke client Server
e. Software Terminal Server
2. Untuk Client Server
a. Beberapa PC untuk Client Server (Sesuai dengan kebutuhan)
b. Software os seperti, Windows 98, Windows Xp, Windows Vista, Linux dll
c. Software Terminal Client Server
d. Memiliki Lan Card
II. MAN (Metropolitan Area Network)
Pada prinsipnya MAN hampir sama dengan LAN, bedanya cakupannya besar yaitu seperti sharing data antara perusahaan dengan perusahaan contohnya biasa dilakukan perusahaan Brooker yang berhubungan dengan BEJ (Bursa Efek Jakarta) agar selalu mendapatkan data yang konkrit maka mereka harus terhubung dengan BEJ
Selain dapat mengirimkan data juga MAN bisa diluaskan menjadi jaringan perkotaan seperti Jaringan TV Kabel.
MAN
Ada beberapa Jenis Komputer Pada jaringan MAN
1. Server Induk
Server induk adalah pusat dari seluruh komputer, dimana setiap server-server dari perusahaan-perusahaan akan di hubungkan kepada server ini.
2. Server lokal
Sama dengan server LAN adalah server-server di perusahaan-perusahaan
3. Client Server
Komputer yang terhubung dengan Server lokal.
Biasanya untuk jaringan MAN dibutuhkan sebuah program khusus untuk data base yang sesuai dengan kepentingan pemakainya.
III. WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN adalah jaringan yang cakupannya sangat luas. Kalau pada jaringan LAN atau MAN komputer pribadi tidak dapat berhubungan dengan komputer pada jaringan network tersebut. Tapi pada Jaringan WAN komputer pribadi, Perusahaan, dan pemerintahan dapat berhubungan dengan komputer lain antar negara, benua. Atau dengan kata lainya jaringan Wan adalah komunikasi komputer untuk Dunia.
WAN
Agar setiap komputer dapat berkomunikasi pada jaringan WAN ini, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui :
1. Provider
Proveder adalah penyedia jasa signal atau frequensi secara wireless maupun Kable agar setiap komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya. Provider pada umumnya bisa disebut penyedia jasa Internet atau kata yang lebih sering kita kenal adalah Operator Internet seperti
- Vastnet
- Telkomnet
- Smart
- Im2
- dll
2. Domain
Domain adalah alamat yang hendak dihubungi. Biasanya setiap kita hendak berhubungan dengan komputer lainnya kita harus mengetahui alamat komputer tersebut. Alamat domoain besa berupa IP Adress seperti 192.168.2.1 atau dengan nama pengalamatan extension Web, yang kita kenal dengan Website. Ada beberapa penyedia Domain seperti :
- .com
- .net
- .co.id
- .org
- .co.cc dll
3. Hosting
Hosting adalah sebuah server yang berfungsi sebagai data base tempat penyimpanan halaman web yang telah dibuat. Dimana setelah kita mendapatkan domain kita akan membuat halaman Website, maka halaman website tersebut akan di simpan di komputer hosting.
Kita dapat membuat hosting sendiri, tapi mungkin biayanya terlalu mahal, sebab komputer kita harus hidup 24 jam setiap hari, harus mempunyai spesifikasi komputer yang khusus, sehingga sangatlah rugi bila halaman web kita serta data kita yang hanya berkapasitas 10 GB harus menggunakan hosting sendiri. Maka banyak perusahaan memanfaatkan jasa hosting untuk menyimpan halaman Web mereka dengan membayar setiap tahunnya.
4. Komponen
Agar dapat berkomunikasi pada jaringan WAN ini setiap komputer yang hendak berhubungan harus memiliki :
a. Komputer Kantor
Untuk komputer kantor agar Server dapat mengontrol Client Servernya menggunakan Internet maka pada jaringan Server lokal harus diperlukan sebuah Router yang berfungsi sebagai Gateway untuk mendistribusikan Bandwith internet.
b. Untuk komputer Pribadi
Agar komputer pribadi dapat terhubung pada jaringan WAN maka komputer pribadi harus memiliki modem agar dapat menerima signal dari Provider Internet sehingga dapat berhubungan dengan komputer lainnya pada jaringan WAN
c. Browsing
Selain peralatan seperti Router dan modem setiap komputer yang hendak berhubungan dengan jaringan WAN harus menggunakan software browsing, dimana software ini berfungsi untuk mencari alamat Web (Domain) sehingga kita bisa melihat isi dari Web yang kita buka tersebut.
Ada beberapa Browsing yang terkenal dan sering dipergunakan antara lain :
- Internet Explorer
- Mozilla Firefox
- Opera
- Netscape dll
Pada jaringan Wan ini selain hubungan dengan kabel juga bisa dilakukan dengan hubungan Nier kabel (Wereles) untuk menerima signal Internet, bila pada suatu tempat tersedia fasilitas Hospot (Fasilitas Inernet Gratis)
Secara keseluruhan Jaringan LAN, MAN dan WAN dapat menggunakana DSL Kabel ataupun Wireless (Nier cable)
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

My Blog List

Term of Use